RANGKAIAN PERINGATAN HARDIKNAS, MENRISTEKDIKTI BUKA World Post Graduate Expo 2018

Jakarta - Universitas Udayana mengikuti Pameran Pendidikan "World Post Graduate Expo 2018" di Gedung Jakarta Convention Centre, 12-13 Mei 2018. Expo ini merupakan rangkaian Puncak Peringatan Hardiknas yang dilaksanakan Kemenristekdikti dan diikuti lebih kurang 52 Institusi dari 16 negara. Expo kali ini  dibuka langsung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Pameran pendidikan yang dikhususkan untuk jenjang S2 maupun S3 ini dilaksanakan dalam rangka menjembatani mahasiswa dengan berbagai universitas baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk memastikan para mahasiswa dapat mencari info yang mereka butuhkan untuk memenuhi kebutuhan akan pendidikannya.

Panitia Penyelenggara, Anastasya Sri, Operational Director dari MSW Global menyampaikan bahwa kegiatan ini terselenggara melalui kolaborasi dengan Kemenristekdikti, dan World Post  Graduate Expo kali ini merupakan pameran kedua kalinya yang diselenggarakan untuk menyebarluaskan informasi pendidikan tingkat Pascasarajana bagi mahasiswa dan masyarakat. Pemeran ini juga menjadi sarana dan wadah bagi warga peminat pascasarajana baik dalam negeri maupun luar negeri untuk mendapatkan informasi seluas-luasnya terkait pendidikan Pascasarjana di institusi masing-masing.

Menristekdikti, M.Nasir berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pendidikan tinggi di Indonesia menjadi lebih baik mengingat sampai sekarang APK di Indonesia hanya 31.5 % yang artinya sekitar 68,5 % tidak terserap pada pendidikan tinggi yang kemungkinan karena bekerja atau ke luar negeri. Dalam hal ini yang harus dilakukan adalah menerapkan distance learning yang saat ini baru dilakukan dalam bidang ilmu sosial dan nantinya juga akan dikembangkan dalam bidang eksata. Disamping hal tersebut Cyber Institute juga harus dikembangkan karena penting untuk pengembangan pendidikan tinggi. (HM)