INILAH BURUNG KICAU TERLARIS DAN TERMAHAL DI PASAR BURUNG SATRIA DENPASAR

Bagi pecinta burung kicau (kicaumania) pasti sangat akrab dengan Pasar Burung Satria.  Pasar yang berada di pusat Kota Denpasar itu setiap hari dipadati pengunjung, dan pasti membludak  pada hari minggu.  Di Pasar Burung Satria para pedagang  menjual beraneka burung dan hewan kesayangan.  Bahkan,  terkadang  satwa-satwa langka yang dilindungi juga dijual belikan di situ. Namun yang pasti, burung kicau mendominasi komoditas hewan yang di jual di pasar tersebut.

Tahukah Anda burung kicau apa yang paling laris dan mahal di pasar Satria?  Berikut hasil penelitian  I. G. A. Indrapraasta, mahasiswa Fakultas Peternakan Unud selama dua bulan di Pasar Burung Satria.  Setelah mewawancarai semua pedagang burung (35 orang) diperoleh bahwa ada 5 jenis  burung yang paling  diminati konsumen yaitu burung lovebird, pleci, cucak ijo, kacer, dan murai batu dengan karakteristik: postur tubuh gagah- tegap, tidak cacat, kerapian, warna,  kebersihan bulu, tatapan mata tajam - cerah, gerakan gesit dan lincah.

Sementara itu terdapat 5 burung yang memiliki harga yang paling mahal di Pasar Satria yaitu: cucak rowo, murai batu, branjangan jawa, poksai, dan jagal papua.  Selain aspek jenis dan harga, Agung, panggilan akrab mahasiswa tersebut juga menganalisis aspek manajemen pemeliharaan, makanan serta kesehatannya.  Penelitian Agung memang unik, hasilnya  berhasil dituangkan dalam skripsi, dan telah dinyatakan lulus 28 Juli lalu dengan nilai A (Bud).