Rektor Unud : World Hindu Parisad Kuatkan“Bargaining Position” Hindu

Minggu, 19 Agustus 2012

Natanews, Denpasar, Pembentukan World Hindu Parisad (WHP) diyakini bakal mampu meningkatkan bargaining position umat Hindu di Indonesia untuk berbicara pada persoalan-persoalan kemanusiaan, lingkungan, pendidikan, religiusitas dan spiritualitas, baik di tingkat nasional maupun dunia. Demikian mengemuka dalam rapat working committee dengan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat dan Tim 18 di Gedung Pasca Sarjana Unud, Sabtu, 18/8 siang.

Rapat penting yang dipimpin Ketua Working Committee, Prof. Dr. I Made Bakta yang juga Rektor Unud dihadiri Dharma Adhyaksa PHDI, Ida Pedanda Gde Ketut Sebali Tianyar Arimbawa, Ketua Sabha Walaka PHDI, Ir. Putu Wirata Dwikora, unsur Pengurus harian PHDI Drs. I Ketut Wiana, M.Ag, sejumlah anggota Sabha Pandita dan kalangan intelektual Hindu di Bali. Rapat membahas berbagai agenda seperti laporan pertanggungjawaban Panitia World Hindu Summit (WHS) 2012 sekaligus menyerahkan sisa dana sebesar Rp 130 juta kepada PHDI Pusat oleh Ketua Panitia WHS 2012, Dr. KG Dharma Putra kepada PHDI Pusat yang diwakili oleh Drs. I Ketut Wiana, M.Ag, Ketua Bidang Bidang Lintas Iman PHDI Pusat.

Prof. Bakta memaparkan hasil-hasil WHS 2012 secara terinci dan meminta persetujuan. Hal-hal yang dijelaskan antara lain Bali Charter, WHP, WHC dan World Hindu Wisdom Meet serta rencana susunan Working Committee. Penjelasan itu mendapat tanggapan dan dukungan positif dari para anggota Sabha Pandita, Sabha Walaka dan unsur Pengurus Harian PHDI Pusat dan sejumlah peserta.

Rapat akhirnya merumuskan beberapa hal penting seperti rumusan working committee, agenda peresmian World Hindu Center (WHC), 3 September 2012 sesuai yang diusulkan oleh Ida Pedanda Sebali. Menurut Prof. Bakta, agenda pembentukan WHP di Denpasar Bali sebaiknya disepakati dalam World Hindu Summit bulan Juni 2013, bukan dalam World Hindu Wisdom Meeting (WHWM). Kedudukan WHS lebih tinggi daripada WHWM. Ia meminta PHDI Pusat memberikan mandat kepada Working Committee untuk menjalankan agenda pembentukan World Hindu Center dan bekerja untuk persiapan World Hindu Summit sebagai ajang pembentukan WHP.

Sumber : http://www.worldhinduparisad.org