Tata Cara Pendaftaran SNMPTN 2011 Jalur Ujian Tertulis dan Keterampilan Universitas di Indonesia

Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi melalui pola seleksi secara nasional dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Berdasarkan hasil rapat Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada tanggal 4 November 2010, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri di bawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2011 merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. SNMPTN 2011 akan dilaksanakan melalui  (1) jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik, dan (2) jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan.

Sehubungan dengan telah dilaksanakannya serangkaian kegiatan sosialisasi mengenai tata laksana SNMPTN 2011 Jalur Undangan di berbagai daerah di seluruh Indonesia, panitia telah mendapatkan berbagai masukan dari kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa, dan masyarakat umum, tentang ketentuan dan persyaratan sekolah dan siswa pelamar SNMPTN 2011 Jalur Undangan sebagaimana tercantum dalam Informasi Awal. Oleh karena itu, panitia telah menyempurnakan ketentuan tentang sekolah dan siswa pelamar Jalur Undangan, sekaligus pemutakhiran informasi mengenai integrasi Program Bantuan Biaya Pendidikan (Bidik Misi), sebagaimana disajikan dalam buku informasi ini.

Buku informasi ini menyajikan ketentuan umum SNMPTN 2011 baik jalur ujian tertulis/keterampilan dan jalur undangan, persyaratan, cara pendaftaran, jenis ujian, jadwal, biaya, termasuk kelompok Program Studi baik Kelompok IPA maupun IPS dari 60 Perguruan Tinggi Negeri. Buku informasi ini diterbitkan untuk dipergunakan dan dicermati secara seksama oleh calon peserta yang akan mengikuti SNMPTN 2011, sehingga calon peserta dapat mempersiapkan diri dalam memilih Program Studi yang dikehendaki dan dapat menjadi panduan awal untuk mengikuti proses seleksi SNMPTN dengan baik. Secara rinci informasi tentang tata cara pendaftaran dan pelaksanaan SNMPTN dimuat dalam Buku Panduan Peserta SNMPTN 2011 yang dapat diakses di laman (website) dengan alamat http://www.snmptn.ac.id.

Tata Cara Pendaftaran SNMPTN 2011

Untuk lulusan SMA/MA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat dengan tahun ijazah 2011, pendaftaran berlangsung hingga 24 Mei 2011. Sedangkan lulusan tahun ijazah 2009 atau 2010 hanya bisa mendaftar pada 2 – 9 Mei 2011.

Adapun tata cara pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan sebagai berikut:

  1. Telah Lulus Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau bentuk lain yang sederajat tahun 2009 atau 2010 yang dibuktikan dengan ijazah, atau telah lulus /mengikuti UN tahun 2011 yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus (SKL) /Kartu Peserta Ujian yang dilengkapi dengan pasfoto yang bersangkutan, dibubuhi cap dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.
  3. Tidak buta warna bagi program studi (prodi) tertentu (lihat daftar pilihan prodi di www.snmptn.ac.id)
  4. Membayar biaya pendaftaran dengan cara membeli PIN Pendaftaran di Bank Mandiri sesuai dengan jadwal yang ditentukan
  5. Mengisi formulir pendaftaran secara online sesuai jadwal yang ditentukan

JADWAL:

  1. Pembayaran biaya ujian (pembelian PIN) di Bank Mandiri (ATM/Loket Kantor Cabang/SMS Banking/Internet Banking) dengan ketentuan sebagai berikut:
    • lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau bentuk lain yang sederajat tahun ijazah 2009 atau 2010 HANYA tanggal 2 s.d 9 Mei 2011
  2. Pendaftaran secara online
    • lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau bentuk lain yang sederajat tahun ijazah 2009 atau 2010 HANYA tanggal 2 s.d 10 Mei 2011 (pukul 24.00 WIB)
    • lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau bentuk lain yang sederajat tahun ijazah 2011 HANYA tanggal 11 s.d 25 Mei 2011 (pukul 24.00 WIB )
  3. Ujian Tertulis
    Selasa, 31 Mei 2011 

    1. Tes Potensi Akademik
    2. Tes Bidang Studi Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, & Bahasa Inggris)

    Rabu, 1 Juni 2011

    1. Tes Bidang Studi IPA (Matematika, Biologi, Kimia, & Fisika)
    2. Tes Bidang Studi IPS (Sosiologi, Sejarah, Geografi, & Ekonomi)
  4. Ujian Keterampilan
    Ujian Keterampilan dilaksanakan pada 3 dan 4 Juni 2011 di PTN sebagaimana tercantum pada Kartu Peserta Ujian.

Biaya Ujian Tertulis dan Keterampilan

  1. Rp 150.000 (Seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta kelompok ujian IPA atau IPS.
  2. Rp 175.000 (Seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) per peserta kelompok ujian IPC.
  3. Rp 150.000 (Seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta per ujian keterampilan bagi yang

memilih program studi yang mempersyaratkan ujian keterampilan.

* Biaya tersebut disetor ke Bank Mandiri. Biaya yang sudah disetor tersebut tidak dapat

ditarik kembali dengan alasan apapun

CARA PENDAFTARAN SNMPTN 2011 JALUR UJIAN TERTULIS

Para peserta SNMPTN 2011 Jalur Ujian Tertulis dan atau keterampilan wajib melakukan pendaftaran online yang dapat dilakukan dari manapun melalui website http://ujian.snmptn.ac.id dengan tata cara sebagai berikut:

1. Calon peserta membayar biaya ujian mulai tanggal 2 Mei 2011 pukul 08.00 WIB sampai dengan 24 Mei 2011 pukul 12.00 WIB melalui Loket/ATM/Internet Banking Bank Mandiri. Pendaftaran secara online ditutup pada tanggal 24 Mei 2011 pukul 16.00 WIB.

2. Ketika melakukan pembayaran, calon peserta harus memasukkan nomor kartu identitas calon peserta (KTP/SIM/Paspor Indonesia/Kartu Keluarga) dan memilih kelompok ujian yang dikehendaki (IPA/IPS/IPC). Khusus bagi yang menggunakan paspor sebagai identitas diri, pembayaran hanya dapat dilakukan melalui Loket atau Internet Banking.

3. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta akan menerima bukti pembayaran yang berisi: (a) Nomor Identitas calon peserta, dan (b) PIN SNMPTN sepanjang 16 karakter.
PERHATIAN: Nomor Identitas dan PIN SNMPTN ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.

4. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website dengan alamat http://ujian.snmptn.ac.id dan memilih menu Pendaftaran. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:

  1. Bukti pembayaran.
  2. Kartu identitas yang dipakai ketika melakukan pembayaran.
  3. Fotokopi ijazah/tanda lulus.
  4. File pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (terbaru), berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB.

5. Calon peserta harus melakukan Login dengan memasukkan Nomor Identitas dan PIN SNMPTN yang tercantum dalam bukti pembayaran.

6. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini berakibat pembatalan penerimaan di PTN yang dituju.

7. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.

8. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2011. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika mengikuti ujian. Calon peserta telah resmi dinyatakan sebagai peserta ujian SNMPTN 2011.

TATA CARA PEMBAYARAN SNMPTN 2011 MELALUI ATM BANK MANDIRI

DOKUMEN PENDUKUNG

JADWAL PELAKSANAAN

DAFTAR PROGRAM STUDI UNIVERSITAS UDAYANA DAN DAYA TAMPUNG

ARTIKEL TERKAIT

Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan

Proses Seleksi Pilihan I di PTN Masing-masing

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri PTN

Program Beasiswa Bidik Misi 2011

 

KONTAK
Call Center SNMPTN 2011
0804-1-450-450