Argentina – Unud Rancang Kerja Sama Pendidikan

Perwakilan universitas dari Argentina, Senin (14/5) kemarin berkunjung ke Universitas Udayana (Unud). Kehadiran enam perguruan tinggi asing yang didampingi Kedutaan Besar Indonesia Buenos Aires bertujuan merancang kerja sama antardua belah pihak dalam bidang pendidikan.

Kedatangan rombongan tersebut disambut Pembantu Rektor IV Universitas Udayana Prof. Drs. I Made Suastra, Ph.D., para dekan dan sejumlah pejabat terkait di lingkungan Unud. Enam universitas yang datang, di antaranya Instituto Universitario Del Gran Rosario (IUGR), Universidad Abierta Interamericana (UAI), Universided de la Cuenca del Plata (UCP), Universidad de Concepcion del Uruguay (UCU), Universidad de Flores (UFLO), Universidad del Este (UNE).

”Hingga saat ini Menteri Pendidikan RI belum pernah menjalin MoU tekait pendidikan dengan Argentina. Melalui pertemuan ini, dari tingkat nasional dan tingkat menteri akan dijalin. Sedangkan kami di tingkat universitas akan menindaklanjuti apa yang telah ditandatangani,” ujarnya.

Menurutnya, Unud telah mendesain perencanaan kerja sama yang menjadi program unggulan di Unud. Program tersebut adalah Bidang Ekonomi, Bahasa, dan Pariwisata. Unud juga telah membangun sejumlah program internasional.

”Ketiga program itu merupakan unggulan di Unud. Kami juga membangun program internasional tentang Asia apakah ekonomi, bahasa, dan budaya dengan jumlah mahasiswa cukup banyak mencapai seribu orang lebih,” katanya.

Dikatakan, ketiga program unggulan yang ditawarkan Unud sejalan dengan kebutuhan yang diperlukan Argentina. Selain tiga program unggulan, adanya perkembangan industri kreatif di Bali akan menjadi kebutuhan bagi Argentina.

”Program unggulan yang ditawarkan Unud kebetulan juga dimiliki mereka, sehingga cocok dengan apa yang menjadi unggulan di Unud dengan kebutuhan mereka. Karena itu, Argentina akan jalin kerja sama dengan Unud dan kami sendiri sudah siap,” ucapnya.

Disebutkan, Unud juga akan menawarkan program pertukaran mahasiswa, pertukaran staf dan peneliti. Kesepakatan ini dalam waktu dekat akan direalisasikan melalui nota kesepahaman (MoU) dengan Argentina. ”Secepatnya MoU antara Unud dan Argentina akan kita jalin. Apalagi ini kali pertama Amerika Latin menawarkan kerja sama khususnya bidang pendidikan,” kata Made Suastra seraya menambahkan, selama ini Unud telah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas yang ada di Amerika, Asia, Eropa, Afrika dan beberapa negara lainnya. (ad)

Sumber : Bali Post Edisi Selasa, 15 Mei 2012